Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil dan Dukungan Suami dengan Kecemasan Ibu Hamil dalam menghadapi Persalinan

Authors

  • Shinta Novelia Universitas Nasional, Jakarta
  • Rukmaini Rukmaini Universitas Nasional, Jakarta
  • Umayah Umayah Universitas Nasional, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30994/jqwh.v5i1.140

Keywords:

Pengetahuan, Dukungan Suami, Kecemasan

Abstract

Angka Kematian Ibu adalah jumlah kematian Ibu yang disebabkan oleh karena peristiwa kehamilan, persalinan dan masa nifas pada tahun yang sama per jumlah kelahiran hidup pada tahun yang sama dikali seratus ribu. Kecemasan pada kehamilan merupakan reaksi emosional yang terjadi pada ibu hamil terkait dengan kekhawatiran ibu dengan kesejahteraan diri dan janinnya, keberlangsungan kehamilan, persalinan, masa setelah persalinan dan ketika telah berperan menjadi ibu. Penelitian menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. dan menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan nilai p= (0,024), dukungan suami dengan nilai p= (0,004) terhadap kecemasan ibu hamil primigravida dalam menghadapi persalinan.
Mayoritas responden memiliki kecemasan ringan sebanyak 178 orang (73,9%), mayoritas responden dengan pengetahuan kurang sebanyak 191 orang (79,3%) dan mayoritas responden dengan suami yang tidak mendukung kehamilan sebanyak 185 orang (76,8%).

Downloads

Published

2022-04-04

How to Cite

Novelia, S., Rukmaini, R., & Umayah, U. (2022). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil dan Dukungan Suami dengan Kecemasan Ibu Hamil dalam menghadapi Persalinan. Journal for Quality in Women’s Health, 5(1), 90–98. https://doi.org/10.30994/jqwh.v5i1.140