Hubungan Anemia Dengan Prestasi Belajar Siswi di SMP Negeri Kelila Kabupaten Mamberamo Tengah Tahun 2018

  • Jenny Anna Siauta Universitas Nasional Jakarta
  • Triana Indrayani Universitas Nasional Jakarta
  • Kartini Bombing Universitas Nasional Jakarta
Keywords: Anemia, Prestasi Belajar, Siswi

Abstract

Prevalensi anemia dunia berkisar 40-88% pada remaja putri pada tahun 2013. Anemia pada remaja menyebabkan penurunan tingkat kebugaran, daya imun, daya ingat, dan daya konsentrasi. Daya konsentrasi yang rendah menyebabkan kemampuan belajar menurun dan akan mempengaruhi prestasi belajar remaja. 
Desain penelitian ini bersifat deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 52 siswi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Random Sampling. Instrumen penelitian terdiri dari Hb Quick Check dan nilai raport siswi.  Data dianalisis menggunakan chi square untuk mengetahui hubungan antara anemia dengan prestasi belajar.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara anemia dengan prestasi belajar (p = 0,000) maka p < 0,05.
Terdapat Hubungan yang signifikan antara anemia dengan prestasi belajar pada siswi di SMP Negeri Kelila Kabupaten Mamberamo Tengah tahun 2018

Published
2020-03-15
How to Cite
Siauta, J., Indrayani, T., & Bombing, K. (2020). Hubungan Anemia Dengan Prestasi Belajar Siswi di SMP Negeri Kelila Kabupaten Mamberamo Tengah Tahun 2018. Journal for Quality in Women’s Health, 3(1), 82-86. https://doi.org/10.30994/jqwh.v3i1.55