Efektivitas Pemberian Seduhan Jahe dan Daun Mint Terhadap Rasa Mual Muntah Pada Ibu Hamil Trimester I di PMB Kabupaten Bogor Tahun 2021

Authors

  • Putri Oktaviani Universitas Nasional
  • Triana Indrayani Universitas Nasional Jakarta
  • Sri Dinengsih Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.30994/jqwh.v4i2.124

Keywords:

Mual Muntah Kehamilan, Seduhan Jahe, Seduhan Daun Mint

Abstract

Mual dan muntah dalam kehamilan mempengaruhi kualitas hidup. Mual muntah menyebabkan dehidrasi, malnutrisi, ketidakseimbangan elektrolit dan penurunan berat badan dan dapat menjadi hiperemesis gravidarum.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pemberian seduhan jahe dan mint terhadap mual muntah pada ibu hamil trimester 1 di PMB Kabupaten Bogor.

Penelitian quasi experimental dengan pre and post-test design without control group. Sampel berjumlah 30 ibu hamil trimester I dengan teknik purposive sampling. Instrumen terdiri dari (PUQE)-24 Scoring system, seduhan jahe dan mint, lembar observasi dan informed consent. Data dianalisis menggunakan descriptive statistics, paired t-test untuk mengetahui perbedaan skor dalam satu kelompok dan independent t-test untuk mengetahui perbedaan skor antar kelompok.

Hasil menunjukkan ada perbedaan skor sebelum dan sesudah diberikan seduhan jahe dan mint (p<0,05) dengan rata-rata penurunan yang menunjukkan hasil seduhan jahe lebih efektif dibanding mint.

Seduhan jahe dan mint mengurangi rasa mual muntah pada ibu hamil trimester I

Downloads

Published

2021-09-01

How to Cite

Oktaviani, P., Indrayani, T., & Dinengsih, S. (2021). Efektivitas Pemberian Seduhan Jahe dan Daun Mint Terhadap Rasa Mual Muntah Pada Ibu Hamil Trimester I di PMB Kabupaten Bogor Tahun 2021. Journal for Quality in Women’s Health, 4(2), 146–151. https://doi.org/10.30994/jqwh.v4i2.124

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>